Akses blog novitik melalui HP/Ponsel kamu dengan klik link ini: www.novitik.blogspot.com/?m=1

Jumat, 17 Juli 2009

JENIS JARINGAN KOMPUTER

Share/Bagi
JENIS-JENIS JARINGAN KOMPUTER

Secara umum jaringan komputer terdiri atas lima jenis :

a) Local Area Network (LAN),
Adalah jaringan komputer yang berada di dalam sebuah gedung atau kampus yang memiliki jangkauan terbatas. LAN juga disebut sebagai jaringan INTRANET dan seringkali digunakan untuk menghubungkan komputer-komputer pribadi dan workstation di kantor suatu perusahaan atau pabrik-pabrik juga sekolah-sekolah yang bertujuan untuk memakai bersama sumberdaya (resouce, misalnya printer, scanner, harddisk dll) dan saling bertukar informasi antara satu komputer satu dengan yang lainnya.
Contoh jaringan LAN adalah: Jaringan komputer di sebuah ruangan, jaringan komputer di sebuah gedung, di pabrik, di hotel saja.

b) Metropolitan Area Network (MAN)
Metropolitan Area Network (MAN), pada dasarnya merupakan versi LAN yang berukuran lebih besar dan biasanya menggunakan teknologi yang sama dengan LAN. MAN dapat mencakup kantor-kantor perusahaan yang letaknya berdekatan atau juga jaringan di sebuah kota yang berdekatan dan dapat dimanfaatkan untuk keperluan pribadi (swasta) atau umum. MAN mampu menunjang data dan suara, bahkan dapat berhubungan dengan jaringan televisi kabel.
Contoh dari jaringan MAN adalah: Jaringan komputer antara sebuah perkantoran pusat dengan cabang yang ada di sebuah kota yanng masih berdekatan, namun berbeda tempat.

c) Wide Area Network (WAN),
Merupakan jaringan komputer yang memiliki jangkauan yang mencakup daerah geografis yang luas, seringkali mencakup sebuah negara bahkan benua. WAN terdiri dari kumpulan mesin-mesin yang bertujuan untuk menjalankan program-program (aplikasi) pemakai.
Contoh dari jaringan WAN adalah: Jaringan mesin ATM (Automatic Teller Machine) yang dimiliki oleh sebuah bank, untuk memudahkan nasabahnya apabila ingin mengambil uang cash dimanapun berada.

d) Internet (Interconnected Networking)
Adalah jaringan komputer yang sangat luas, jangkauannya meliputi seluruh dunia. Sebenarnya terdapat banyak jaringan komputer di dunia ini. seringkali menggunakan perangkat keras dan perangkat lunak yang berbeda-beda. Orang yang terhubung ke jaringan sering berharap untuk bisa
berkomunikasi dengan orang lain yang terhubung ke jaringan lainnya. Keinginan seperti ini memerlukan hubungan antar jaringan yang seringkali tidak compatibel dan berbeda. Biasanya untuk melakukan hal ini diperlukan sebuah mesin yang disebut gateway guna melakukan hubungan dan melaksanakan terjemahan yang diperlukan, baik perangkat keras maupun perangkat lunaknya. Kumpulan jaringan yang terinterkoneksi inilah yang disebut dengan internet.

e) Wireless (Jaringan tanpa kabel), jaringan tanpa kabel merupakan suatu solusi terhadap komukasi yang tidak bisa dilakukan dengan jaringan yang menggunakan kabel. Misalnya orang yang ingin mendapat informasi atau melakukan komunikasi walaupun sedang berada diatas mobil atau pesawat terbang, maka mutlak jaringan tanpa kabel diperlukan karena koneksi kabel tidaklah mungkin dibuat di dalam mobil atau pesawat. Saat ini jaringan tanpa kabel sudah marak digunakan dengan memanfaatkan jasa satelit dan mampu memberikan kecepatan akses yang lebih cepat dibandingkan dengan jaringan yang menggunakan kabel.
Contoh jaringan wireless adalah area HOTSPOT yang dapat mengakses internet tanpa kabel menggunaka Access point
Share/Bagi

0 komentar:

Posting Komentar

TULISKAN KOMENTAR ANDA PADA KOTAK DI BAWAH INI YA...

"Dengan bahasa yang baik ya....!"
Makasih banyak atas komentarnya.