Akses blog novitik melalui HP/Ponsel kamu dengan klik link ini: www.novitik.blogspot.com/?m=1

Minggu, 19 Juli 2009

SEJARAH YAHOO

Share/Bagi
Tentang Yahoo

Kedua orang ini mungkin belum kita kenal, bahkan mungkin kita baru lihat wajah-wajar mereka. Sebaliknya dengan nama Yahoo!, setiap orang yang pernah menggunakan internet pasti tahu. Ya, David Filo dan Jerry Yang adalah dua tokoh pendiri kerajaan Yahoo!. Saat ini, di dunia internet, Yahoo! adalah merek no.1 t dengan jumlah pengunjung terbanyak dari seluruh dunia, termasuk tentunya juga di Indonesia.

Siapa yang sangka Yahoo! awalnya bermula dari sebuah ide dan hobi iseng mereka berdua. Kala itu, Filo dan Yang masih menjadi mahasiswa S2 jurusan Tehnik Elektro di Stanford University. Di tengah-tengah masa senggang membuat disertasi untuk gelar Ph.D, mereka disibukkan dengan kegiatan baru, membuat daftar nama dan alamat situs yang ditemukan di internet.

Mereka memang punya minat besar di bidang Internet. Lama kelamaan, daftar yang mereka simpan semakin banyak dan panjang. Akhirnya demi kepraktisan, mereka membaginya menjadi beberapa kategori dan sub kategori. Di sinilah konsep Yahoo! kemudian lahir.

Situs web pertama mereka diberi titel Jerry's Guide to the World Wide Web. Tak lama kemudian mereka menggantinya dengan Yahoo!. Kata ini didapat lewat bantuan sebuah kamus, yang mengartikan yahoo sebagai "kasar dan kuno". Ada juga yang mengatakan Yahoo! sebagai singkatan dari "Yet Another Hierarchical Officious Oracle".

Lepas dari makna dan arti Yahoo!, ternyata usaha mereka diminati banyak orang. Banyak pengguna Web yang menginginkan suatu daftar situs-situs yang berguna dan layak diakses. Akhirnya dengan promosi dari mulut ke mulut antar mahasiswa, jumlah pengunjung Yahoo! mencapai satu juta di tahun 1994. Filo dan Yang akhirnya menyadari potensi bisnis Yahoo! yang cukup kuat. Pada musim semi 1995, mereka berdua mendirikan perusahaan setelah mendapat suntikan dana dari para kapitalis Silicon Valley. Langkah berikutnya adalah membangun sebuah tim managemen yang andal dengan merekrut para direktur piawai di bidang IT. Enam bulan kemudian perusahaan Yahoo! genap beroperasi dengan 49 karyawan.

Kini, Yahoo! telah menjadi perusahaan dunia yang bergerak di bidang komunikasi, komersial dan media berbasis Internet. Setiap bulannya ada 232 juta pengguna internet di seluruh dunia yang menggunakan jasa pelayanan Yahoo!, mulai dari mesin pencari, portal, email gratis, bisnis online, sampai pembuatan dan penyewaan tempat situs. Jaringan Yahoo! yang berkantor pusat di Sunnyvale, California ini sudah berdiri di 25 lokasi yang tersebar di benua Eropa, Asia, Amerika Latin, Australia, Kanada dan tentu saja Amerika Serikat.

Sumber : David Filo - Jerry Yang (Sekolahindonesia.com)
Share/Bagi

0 komentar:

Posting Komentar

TULISKAN KOMENTAR ANDA PADA KOTAK DI BAWAH INI YA...

"Dengan bahasa yang baik ya....!"
Makasih banyak atas komentarnya.