Akses blog novitik melalui HP/Ponsel kamu dengan klik link ini: www.novitik.blogspot.com/?m=1

Sabtu, 18 Desember 2010

CARA MENENTUKAN KKM TIK

Share/Bagi
TIK kependekan dari Teknologi Informasi dan Komunikasi, merupakan mata pelajaran wajib yang ada pada kurikulum pendidikan sekolah dari tingkat SD, SMP, SMA/MA dan SMK. Awalnya mapel TIK ini adalah sebuah mulok (muatan lokal.red) ketrampilan yaitu mulok komputer, namun pada Tahun Ajaran 2004-2005 pemerintah memasukkannya kedalam pelajaran wajib yang harus ada dalam kurikulum sekolah. Memang karena pentingnya pengetahuan tentang penguasaan penggunaan perangkat teknologi informasi ini, maka sudah sepantasnya pemerintah mewajibkan sekolah mencantumkan mapel TIK ini kedalam kurikulum pendidikan. Untuk itu, sudah selayaknya guru yang menjadi panutan dalam kegiatan pembelajaran di sekolah memahami dan menguasai TIK baik dari materi teoritis maupun praktis. Untuk itu, saya di sini akan memberikan contoh cara menentukan KKM mapel TIK sebagai panduan guru untuk melakukan penilaian terhadap peserta didiknya. berikut penjelasannya... KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) adalah nilai standar yang harus dicapai siswa dalam pembelajaran, apabila nilai yang diperoleh baik ulangan maupun tugas belum mencapai KKM yang ditentukan oleh guru, maka siswa harus mengikuti remedial/perbaikan. Berikut adalah langkah penentuan KKM untuk guru untuk membantu proses penilaian:

1.Tentukan nilai Kompleksitas/tingkat kesulitan materi pelajaran, bisa jadi mudah untuk satu siswa, dan sulit untuk siswa yang lain. dengan kriteria kompleksitas sbb:
a. Tinggi/sulit = 1
b. Sedang = 2
c. Rendah/mudah = 3

2.Tentukan nilai daya dukung, yaitu sarana dan sarana penunjang pembelajaran, contoh; buku, lks, perpustakaan, lab.komputer, internet, lcd projector, dll. dengan kriteria:
a. Tinggi = 3
b. Sedang = 2
c. Rendah = 1

3.Tentukan nilai Intake, yaitu daya serap siswa dalam menerima materi tersebut. dengan kriteria:
a. Tinggi = 3
b. Sedang = 2
c. Rendah = 1

4. Setelah ketiganya ditentukan, langkah selanjutnya adalah membuat tabel di Ms.Excel dan memasukkan SK, KD dan Indikator, seperti gambar berikut:

(catatan: dibuat juga untuk semester 2, karena menentukan KKM mapel harus rata-rata dari semester 1 dan 2)





5. Jika sudah dibuat tabel dan diisi dengan SK, KD dan Indikator, lalu buatlah rumus rata-rata dari semuanya, tapi tiap kolom, rumus rata rata sederhana [=SUM(cellawal:cellakhir)]

Itulah beberapa langkah untuk menentukan KKM mapel TIK dan juga bisa berlaku untuk mapel yang lain.

Oh ya...bila anda masih bingung dengan cara di atas, saya sudah sediakan FILE DOWNLOAD dalam format MS. EXCEL cara penentuan KKM TIK di menu DOWNLOAD, atau juga bisa di bawah artikel ini, silahkan di Download saja GRATIS koq :D, mohon maaf jika ada kekurangan, semoga bermanfaat bagi anda para guru.

DOWNLOAD CARA PENENTUAN KKM DI BAWAH INI (file-Ms.Excel)




by: novitik
Share/Bagi

0 komentar:

Posting Komentar

TULISKAN KOMENTAR ANDA PADA KOTAK DI BAWAH INI YA...

"Dengan bahasa yang baik ya....!"
Makasih banyak atas komentarnya.